Gagal…? Hilangkan dari pikiran…

Apa yang kita takutkan sebagai seorang pemimpin…?

Dalam daftar banyak orang adalah…KEGAGALAN.

Banyak orang yang beranggapan, termasuk saya pada awalnya, menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang sifatnya “subjective”…padahal, sebetulnya kegagalan itu bersifat “objective”, contohnya…dalam sebuah ujian matematika, ketika kita masih sekolah dulu, kita dapat nilai “F” dan gak lulus, apa yang kita bilang?….Kita gagal ujian…

Yang terjadi sebenarnya adalah bahwa kita bukan gagal ujian…melainkan kita sudah gagal mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian…

Rasa takut gagal itu juga saya alami ketika untuk pertama kali saya dipercaya untuk mempersiapkan pembukaan sebuah hotel. Pada saat itu, saya belum pernah dan bahkan gak pernah punya pengalaman jadi orang nomer 1 di hotel.

Terus bagaimana ya…Apa yang harus saya lakukan?

Dalam perenungan, tiba-tiba muncul pertanyaan di benak saya…“Apa yang akan terjadi jika rasa takut gagal itu tidak ada…?”

Dari sanalah kemudian pemahaman “Kegagalan bukan sesuatu yang subjective” itu muncul. Saya mulai mempersiapkan diri saya…fisik dan mental saya untuk menghadapi apa yang tidak saya harapkan akan terjadi dalam perjalanan saya mempersiapkan sebuah hotel agar bisa beroperasi…dan ternyata dengan berkurangnya rasa takut, kita bisa lebih nyaman dan memiliki rasa percaya diri yang lebih baik.

Saya menggunakan cek list sederhana, seperti yang saya lampirkan dibawah untuk membantu saya tetap “On Schedule”…

Semoga bermanfaat…

GM check list-preopening1

Tinggalkan Balasan

