F&B Budget

Budget/rencana anggaran secara umum adalah merupakan gambaran dari perencanaan pendapatan dan pengeluaran sebuah unit usaha atau organisasi. Dengan kata lain, budget adalah sebuah rencana dari sebuah usaha atau organisasi yang digambarkan dalam bentuk terminologi keuangan.

Dapat dirangkumkan bahwa tujuan pembuatan budget/rencana anggaran adalah:

1. Memberikan gambaran awal / perkiraan dari pendapatan dan pengeluaran, yaitu membangun sebuah model tentang bagaimana bisnis akan dijalankan dilihat dari sisi keuangan jika strategi, event dan rencana-rencana dilaksanakan.

2. Sebagai acuan dan alat ukur antara pencapaian dan perencanaan.

3. Mempersiapkan rencana cadangan jika terjadi masalah selama periode perjalanan.

Untuk dapat menyusun budget lebih akurat, maka kita harus dapat mengikuti trend:

1. Trend politik, contoh: perubahan pemerintahan, pemilu,dsb

2. Trend ekonomi, contoh: tingkat inflasi, kebijakan moneter, dsb

3. Trend sosial, contoh: arisan dilakukan di cafe, acara keagamaan dilakukan di hotel, dsb

4. Trend teknologi, contoh: high tech gadget, dsb

5. Legal trend, contoh: aturan penjualan minuman beralkohol, dsb

Dalam menyusun Budget, kita harus memperhatikan 3 hal:

1. Past: actual figure tahun lalu, sales statistic, perubahan karakter & trend dimasa lalu, target market & spending power.

2. Present: customer preference, Kondisi umum politik dan ekonomi, analisa dari aktifitas pesaing.

3. Forecast: Target, marketing plan, Perkiraan kondisi di masa yang akan datang, menciptakan trend baru.

Semoga bermanfaat😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: