Change is Good…

Saya teringat pada apa yang disampaikan oleh salah seorang trainer saya ketika saya berada pada awal karir di dunia hospitality. Di sore itu saya agak sedikit gundah ketika sekretaris general manager memanggil saya ke kantornya. Ternyata disana sudah juga menunggu Ms. Karen.

Setelah sedikit berbasa basi, beliau kemudian menanyakan tentang apa rencana saya untuk karir saya kedepan…”where do you see youlself fit in to your future career…” begitu kurang lebih pertanyaannya. Saya agak gelagapan karena tidak siap menjawab pertanyaan tersebut. Melihat hal itu beliau meneruskan bahwa ia melihat sebuah potensi dalam diri saya untuk bisa berkembang di dalam karir saya ke depan.

Dia melanjutkan, semua manusia memiliki potensi untuk bisa sukses dibidang yang ditekuninya asalkan mereka menyadari bahwa ada 4 hal penting yang harus mereka kembangkan, yaitu:

1. Dream atau kalau diartikan tepatnya adalah cita cita. Tanpa itu, semuanya tak akan tentu arahnya.

2. Decide atau memutuskan. Apa yang harus diputuskan? yang harus diputuskan adalah pertanyaan “Apakah saya mau mewujudkan mimpi saya? dan bukanya “Apakah saya bisa mewujudkan mimpi saya?….Sebab menurut beliau ada perbedaan yang sangat mendasar tentang jawaban dari 2 pertanyaan tadi…jika pertanyaannya “Mau” maka hal yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin tetapi jika pertanyaannya “Bisa” dan ternyata jawabannya “Tidak”, maka semuanya akan berakhir dengan titik…venito…

3. Develop atau mengembangkan. Apa yang mesti kita kembangkan? jawabannya adalah Sikap, Pengetahuan dan Keahlian, meskipun mungkin apa yang kita impikan belumlah jadi kenyataan….tidak apa…kembangkan saja dan jika waktunya tiba, kita akan lebih siap.

4. Deliver…terapkan semua yang sudah kita kembangkan jika waktunya memang sudah benar benar tiba di ujung karir kita.

Satu hal penting lain yang beliau pesankan adalah “Embrace Change” because change is good and fertilizing….

Beliau menggambarkan perubahan dengan perumpamaan ketika seorang yang memiliki rambut yang panjang ingin dipotong lebih pendek…Its just take a second to cut but you’ll get a new look…

Semoga bermanfaat😀

Comments
One Response to “Change is Good…”
  1. DWan mengatakan:

    wow …its very simple…RUMUS 4 D..= DO IT
    dream+decide+develop+deliver = DO

Tinggalkan Balasan

