mitos dalam ‘hospitality industry’

Saya sering kali mendengar ungkapan yang berkaitan dengan kegiatan keseharian pekerjaan saya yang berhubungan dengan pelayanan terhadap pelanggan. Saya memang bekerja didalam industri yang berkaitan dengan bidang penjualan jasa, dan menurut saya ungkapan-ungkapan itu terkadang membuat saya ragu akan kebenaran yang terdapat didalamnya. Apa saja ungkapan itu, berikut beberapa diantaranya:
1. Kita harus menciptakan kepuasan pelayanan bagi pelanggan.
Tidakkah itu terdengar naif? Menurut saya, tidak ada satupun pelanggan didunia ini yang merasa ingin dipuaskan. Ungkapan itu lebih terdengar sebagai mitos, karena saya yakin apa yang dicari oleh pelanggan ketika mereka membeli suatu jasa pelayanan adalah “PENGALAMAN”, sebuah pengalaman yang akan mereka kenang dan mendorong mereka untuk kembali dan memberikan rekomendasi kepada siapa saja yang mereka kenal berdasarkan pengalaman yang mereka miliki.

2. Kita membutuhkan ide-ide baru untuk menarik pelanggan.
Betulkah? Mengapa orang menyukai ide baru? jawabannya adalah karena ide baru itu mudah, yang lebih sulit adalah mempertahankan dan tetap menjalankan ide yang sudah bertahun-tahun kita miliki secara konsisten tetapi tetap relevan, sesuai dengan segmentasi pasar yang kita layani.

Ada yang tidak setuju?

Tinggalkan Balasan

