Menuangkan air kedalam gelas

Saya teringat pengalaman lama ketika karir saya masih pada awal masa. Pengalaman itu begitu kuat melekat dalam benak saya dan akan selalu saya ingat sebagai suatu pelajaran berharga sepanjang karir saya di bidang industri hospitality. Sebetulnya, pengalaman itu sebuah kejadian sederhana saja dalam kegiatan operasional sebuah restoran, tetapi memiliki pengaruh cukup besar dalam membentuk pola kepemimpinan saya.

Model dari pelajaran yang saya peroleh itu adalah general manager saya di sebuah hotel di Bandung. Sebut saja namanya Mr. DJM tetapi kami biasa memanggil beliau dengan ‘Pak Daniel’.
Apa yang kadang dilakukan oleh beliau kala itu sebetulnya rada ‘mengherankan’. Bayangkan, sering kali dalam beberapa kesempatan, khususnya ketika restoran kami sedang sibuk, beliau tidak segan-segan turun tangan membantu kami bahkan hanya untuk menuangkan air kedalam gelas tamu-tamu kami. Untuk orang dengan posisi penting seperti beliau, sungguh sangat terlihat aneh jika sampai terlihat melakukan hal kecil seperti tadi, bahkan pada waktu itu diantara staff restoran sampai ada perkataan “apa tidak ada hal penting lain yang bisa dilakukan oleh beliau?”

Seiring dengan berjalannya waktu, akhirnya saya dapat sampai pada suatu poin ketika pada akhirnya saya mencoba untuk bisa memahami tentang apa yang beliau lakukan. Dari situlah saya akhirnya dapat menarik beberapa pelajaran penting:
1. Beliau mengajarkan kami untuk ‘memuliakan pekerjaan’.
Menjalankan bisnis makanan & minuman bukanlah sebuah pekerjaan yang glamor; ini adalah pekerjaan yang “tough”, memasak di temperatur ruangan yang panas, menjaga kebersihan dan melayani orang lain, tetapi justru disitulah kerjasama team diperlukan. Ketika saya melihat Pak Daniel melalukan pekerjaan yang seharusnya saya lakukan, saya jadi tersadar bahwa pekerjaan saya adalah pekerjaan yang juga sangat penting.

2. Beliau mengajarkan ‘pay attention to details’.
Ketika menuangkan air ke dalam gelas ternyata beliau tidak hanya sekedar menuang saja, tetapi ada hal lain juga yang beliau lakukan, yaitu memperhatikan dan memastikan bahwa semua tamu dapat dilayani dan mendapatkan pelayanan seperti yang diharapkan.

3. Beliau mengajarkan untuk ‘menghargai karyawan’
Sebagai seseorang dengan posisi tertinggi di perusahaan, beliau tetap menganggap bahwa dirinya adalah salah seorang yang juga direkrut untuk menjalankan restoran dengan baik dan memang pada saat itu kami menjadi terdorong untuk juga melakukan yang terbaik bagi hotel kami khususnya departemen kami.

Semoga bermanfaat.

Comments
One Response to “Menuangkan air kedalam gelas”
  1. Sandy mengatakan:

    sebuah contoh “real good leadership” yang bukan hanya sekedar teori… pantas untuk kita ingat dan terapkan di kehidupan sehari2.. that small detail make him outstanding in front of his sub ordinates..

Tinggalkan Balasan

