Buffet

Jika pada suatu kesempatan kita berkunjung ke sebuah restaurant yang berada hotel atau restauran yang berdiri sendiri, dimana mereka menyajikan buffet dengan begitu banyak pilihan menu, sering muncul pertanyaan sederhana di benak kita: mereka untung atau tidak membuat buffet yang begitu mewah? Sebagian besar mungkin akan mengatakan, ya. Sebetulnya, mungkinkah keuntungan itu diperbesar margin-nya?

Jawabnya, sangat mungkin, jika beberapa acuan kita terapkan. Acuan itu diantaranya adalah:

1. Belilah bahan makanan ketika sedang musimnya, karena dengan membeli pada saat musimnya, tidak saja harganya akan lebih murah tetapi kualitasnya juga sangat baik.

2. Hindari bahan premium sebisa mungkin, misalnya jangan gunakan wagyu beef untuk beef welington di buffet, akan lebih murah jika menggunakan daging lokal saja.

3. Belilah dalam partai besar khususnya untuk barang-barang groceries yang tahan disimpan dalam jangka waktu yang lama, karena dengan membeli dalam jumlah besar, maka pasti harganya akan jauh lebih murah.

4. Usahakan membeli bahan-bahan dari wilayah sekitar, karena akan menghemat biaya transportasi pengiriman yang berujung pada harga beli yang lebih murah.

5. Jangan membuat menu yang fix, lebih baik membuat menu yang lebih fleksibel karena dengan demikian, selain akan lebih mendorong kreatifitas juga akan menghemat biaya belanja bahan baku.

6. Sesuaikan dengan jumlah pax, jangan memasak berlebihan.

7. Sesuaikan peralatan saji; piring, sendok serving, dll. Pengaruhi pelanggan secara psikologis.

8. Pastikan jika ada makanan sisa yang tidak termakan untuk dicatat agar program cost control dapat berjalan dengan baik. Jika perlu simpan bahan mentah yang belum termasak untuk bisa digunakan lagi di lain kesempatan.

Semoga memberikan manfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: