Sulitnya Mengangkat Bisnis Resto/Cafe di Hotel

Dalam kondisi ekonomi seperti sekarang, dimana persaingan dunia usaha begitu ketatnya, mau tidak mau kita dipaksa untuk tetap bisa bertahan dan jika mungkin keluar sebagai pemenangnya.

Seperti halnya pada dunia lomba lari, persaingan juga terjadi pada sektor industri jasa khususnya sektor industri jasa makanan dan minuman seperti yang saya alami. Sekarang ini saja ada ratusan bahkan mungkin ribuan tempat di Bandung yang me-label-kan dirinya sebagai tempat makan dan minum terbaik, ada yang mengandalkan indahnya panorama seperti tempat-tempat yang berada di bagian Utara kota Bandung atau lebih menonjolkan keanggunan budaya tradisional orang Sunda dimana tempat seperti ini tidak sedikit mudah ditemui di bagian tengah kota.

Yang justru jadi sulit adalah resto atau cafe yang menyatu sebagai fasilitas di hotel-hotel berbintang. Saya yakin banyak dari tempat-tempat seperti ini jadi lebih sering cuma sekedar pelengkap. Pelengkap kalau ada kegiatan rapat yang berlangsung di hotel. Tidak apalah…, yang justru harus selalu diingat adalah agar kita tetap secara sadar menempatkan pikiran kita untuk tetap mau bertahan dan berjuang dalam mengupayakan agar paling tidak bendera bisnis kita masih bisa berkibar atau kalau boleh meminjam ungkapan dalam bahasa Inggris yang berbunyi ‘choose live, not die’.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: